Friday, 15 September 2017

Mau Jadi Hacker? Ini Dia 7 Profesi Seorang Hacker

September 15, 2017

Mau jadi hacker? Menjadi seorang Hacker (Peretas) memang tidaklah mudah, karena anda akan di tuntut untuk menguasai semua yang ada didalam komputer maupun di internet ini.

Kita hidup di zaman era modren ini jadi mungkin banyak orang yang akan tertarik jadi profesi ini, baik itu dari segi gajinya atau biar di bilang keren dan juga menyenangkan.

7 Profesi Seorang Ahli IT/Hacker


1. Information Security Analyst/ Analis Keamanan Informasi

Tugas pekerjaan ini biasanya mencakup perencanaan dan pelaksanaan langkah-langkah keamanan untuk melindungi sistem komputer, jaringan dan data. Analis keamanan informasi diharapkan tetap up-to-date mengenai intelijen terbaru, termasuk metodologi hacker, untuk mengantisipasi pelanggaran keamanan. Mereka juga bertanggung jawab untuk mencegah kehilangan data dan gangguan layanan dengan meneliti teknologi baru yang secara efektif akan melindungi jaringan.

Tugas tambahan meliputi :

  • Membuat, menguji dan mengimplementasikan rencana pemulihan bencana jaringan.
  • Melakukan penilaian risiko dan pengujian sistem pengolahan data.
  • Memasang firewall, enkripsi data dan tindakan pengamanan lainnya.
  • Merekomendasikan penyempurnaan dan pembelian keamanan
  • Staf pelatihan mengenai prosedur keamanan jaringan dan informasi

2. Incident Responder/ Insiden Responder

Insiden Responder menyelidiki kejahatan terkait komputer dalam sebuah organisasi. Mereka menemukan masalahnya, mengurangi kerusakan, dan menyelidiki secara menyeluruh situasinya. Mereka mencatat secara rinci sepanjang keseluruhan proses. 

Berbagai alat forensik komputer digunakan untuk menjalankan fungsi pekerjaan. Pengalaman sebelumnya dalam penyelidikan komputer atau forensik komputer umum seringkali diperlukan untuk mempersiapkan karir sebagai Insiden Responder. Kemampuan untuk mendapatkan security clearance juga merupakan persyaratan.

Tanggung jawab utama dari Insiden Responder adalah menggunakan alat forensik komputer untuk memeriksa dan menganalisis media elektronik dalam dugaan kasus hacking komputer. Mereka kemudian mendokumentasikan temuan dalam format yang mudah dibaca. Karena banyak istilah terkait komputer bisa sangat teknis, perlu untuk menulis laporan dengan kata-kata yang bisa dimengerti oleh semua orang. Laporan tersebut akhirnya bisa digunakan sebagai bukti. Insiden Responder juga dapat dipanggil untuk bersaksi di pengadilan sebagai saksi fakta atau ahli. 

Mereka juga bekerja dengan departemen luar untuk mengembangkan solusi remediasi kejadian. Layanan pelanggan yang sangat baik dan keterampilan manajemen diperlukan, karena membantu individu dan organisasi pada saat dibutuhkan dapat menjadi situasi yang penuh tekanan.

3. Network Security Engineer/ Insinyur Keamanan Jaringan

Insinyur Jaringan / Teknisi Keamanan akan bertanggung jawab atas implementasi, pemeliharaan, dan integrasi arsitektur perusahaan WAN, LAN dan server. Individu ini juga bertanggung jawab atas pelaksanaan dan administrasi perangkat keras dan perangkat lunak keamanan jaringan, menerapkan kebijakan keamanan jaringan dan mematuhi persyaratan audit dan rekomendasi keamanan eksternal.

Tugas Tambahan Meliputi :
  • Melakukan analisis kebutuhan keamanan jaringan dan berkontribusi pada disain, integrasi, dan pemasangan perangkat keras dan perangkat lunak.
  • Menganalisis, mengatasi masalah dan memperbaiki masalah jaringan dari jarak jauh dan di tempat.
  • Memelihara dan mengelola sistem keamanan perimeter seperti firewall dan sistem deteksi intrusi.

4. Chief Information Security Officer (CISO) / Pengolah/Pemelihara Sistem

Seorang petugas keamanan informasi utama (CISO) adalah eksekutif tingkat senior di dalam sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk membangun dan mempertahankan visi, strategi, dan program perusahaan untuk memastikan aset dan teknologi informasi dilindungi secara memadai. 

CISO mengarahkan staf untuk mengidentifikasi, mengembangkan, menerapkan, dan memelihara proses di seluruh perusahaan untuk mengurangi risiko teknologi informasi dan informasi. Mereka merespons insiden, menetapkan standar dan kontrol yang tepat, mengelola teknologi keamanan, dan mengarahkan pendirian dan pelaksanaan kebijakan dan prosedur. CISO juga biasanya bertanggung jawab atas kepatuhan terkait informasi.

(misal: mengawasi penerapannya untuk mencapai sertifikasi IEC / ISO 27001: 2013 untuk suatu entitas, atau sebagian darinya).

5. Forensic Analyst/ Analis Forensik

Analis forensik mengkhususkan diri dalam mengumpulkan dan menganalisis bukti fisik dari TKP. Mereka mungkin juga bersaksi dalam persidangan. Posisi umumnya membutuhkan minimal gelar associate, meskipun program tingkat atas juga tersedia. Beberapa spesialisasi ada di bidang analisis forensik, termasuk peradilan pidana, teknologi informasi dan psikologi, yang membutuhkan pendidikan lanjutan.

6. Malware Analyst/ Analis Malware

Pekerjaan ini untuk melindungi data atau komputer dari perangkat lunak jahat , seperti virus, trojan, dan masih banyak lagi.

7. Computer Crime Investigator

Penyelidik kejahatan komputer dapat melihat berbagai kejahatan, mulai dari sistem berkas yang diretas atau rusak di komputer hingga kejahatan terhadap anak-anak. Penyidik ​​kejahatan komputer juga mampu memulihkan dan mengumpulkan bukti dan data elektronik dari komputer yang bisa digunakan dalam menuntut kejahatan. 

Bukti mungkin melibatkan penentuan rincian intrusi ke dalam sistem komputer, memulihkan data dari file yang dienkripsi atau terhapus, atau memulihkan email dan menghapus kata sandi. Mereka kemudian bisa menulis laporan yang nantinya akan digunakan di pengadilan, dan juga akan bersaksi di pengadilan.

Penyidik ​​kejahatan komputer juga menguji sistem keamanan yang sudah ada di perusahaan besar, dan akan memaksimalkan tingkat kinerja sistem komputer yang optimal. Mereka melakukan ini dengan mencoba masuk ke jaringan komputer perusahaan.

Itulah 7 Profesi Jika Anda Ingin Menekuni Diri anda untuk belajar dibidang IT.

Banyak sumbernya yang harus saya kunjungi untuk membuat artikel ini.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2013 GO|NERT. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top