Friday, 1 September 2017

Dari Mana App Dan Game Developer Dapat Uang?


Di era sekarang ini yang namanya Smartphone itu udah pasti jadi tangan ketiga, kemana mana kita harus bawa Smartphone dimanapun  kita kerjanya memegang Smartphone sampai kerutinitas pagi.

Membahas Smartphone itu artinya kita bicara soal aplikasinya dan itu artinya aplikasi udah jadi salah satu hal yang sangat dominan dalam hidup kita, aplikasi jadi sumber inkan yang sangat besar.

Tahu Bulat contohnya, mendapatkan 50 ribu dollar amerika setiap hari, pertanyaanpun jadi muncul App Dan Game Developer Dari Mana Duitnya?

Pembahasan

Aplikasi Mobile adalah industri besar yang saat ini dikuasai dan di dominasi terutama oleh 3 pemain utama:
  • Google
  • Apple
  • Microsoft
App Developer tiba tiba muncul dan membanjiri industri ini karena ada janji surga, salah satu contohnya adalah whatsapp  dalam waktu 5 tahun sejak dia diluncurkan dia dibeli Facebook dengan harga 16 Milliar Dollar Amerika atau sekira 192 Triliun Rupiah.

Para raksasa industri ini memiliki akses pada pengguna hardware atau software mereka mendunia, global jumlah yang luar biasa banyak , Massa is money dengan keberadaan massa mereka , mereka memberikan kesempatan pada App Developer untuk mengakses massa mereka dengan menjual aplikasi lewat Playstore atau Appstore dan tokoh tokoh aplikasi lainnya.

Sistemnya kurang lebih adalah mengambil receh dari jutaan orang, dan kerennya adalah bisnis ini atau industri  ini tidak memiliki batas geografi.

App Developer indonesia mulai bahkan sudah banyak mengembangkan App untuk pasar Global.

Bagaimana sistem kerjanya?

  • B2B (Bisnis Two Bisnis)
  • B2C (Bisnis Two Consumer)

B2C

Untuk B2C (Bisnis Two Consumer) dia mendapatkan uang dari tranksaksi membeli aplikasi itu sendiri atau mendownload aplikasi itu sendiri dan iklan.

Ada beberapa model dalam model bisnis aplikasi B2C Yaitu :

PAID APP

Paid App atau aplikasi berbayar,  app developer pasang aplikasinya di playstore atau appstore setiap orang yang membeli dengan mendownload akan membayar.


Biasanya harga jualnya $0,99 untuk aplikasi umum atau standar dan sekitar $1,99 sampai $4,99 yang fungsinya itu sudah lebih komplek atau manfaatnya lebih gede untuk si Pengguna.

Jadi untuk sebuah aplikasi yang harganya $0,99 bila didownload 10.000 downloader itu berarti app developer akan mendapatkan sekitar 118.800.000 ribu dari aplikasi itu dan dikurangi 30% untuk Playstore dan 70% sisanya untuk app developer itu.

 FREEMIUM

Freemium artinya diberikan gratis sebagai tester lah untuk kita pakai tapi dibatasi dengan beberapa fitur utamanya atau dibatasi secara waktu supaya kita bisa upgrade atau terpaksa bayar ke Freemium

 IN APP PURCHASE

In App Purchase artinya pakai gratis main gratis menjalankan gratis tapi kalau mau mengakses fitur yang bisa memudahkan harus bayar!! mau beli sesuatu dalam aplikasi itu bayar lagi!! .

Model ini sering kali dipakai dalam game dan terbukti meningkatkan penghasilan aplikasi game sampe 79%.

 GRATIS DENGAN IKLAN

ini adalah cara favorite dari developer , kenapa ini jadi favorite?

Sistem aplikasi dengan iklan memungkinkan seseorang mendapatkan penghasilan rutin  dalam aplikasi karena iklan akan memberikan komisi setiap ada yang pakai aplikasi itu dan iklannya yang muncul dalam aplikasi itu dan sekarang bagaimana hitungnya.

Mirip seperti hitung iklan dividio youtube atau sistem penghasilan youtuber dengan CPM (Cost Per Mille) Dan CPC (Cost Per Click).

B2B

Sementara untuk B2B (Bisnis Two Bisnis) dia mendapatkan uang dari pemesanan aplikasi custom atau aplikasi khusus untuk dipesan dari individu.

Diindonesia sendiri kebanyakan App Developer baik itu pertim, perorangan atau perusahaan masih lebih suka mengembangkan aplikasi untuk bisnis model B2B membuatkan aplikasi Custom pesananan untuk perusahaan, kenapa karena pembayarannya lebih cepat to the point jelas dan lebih sederhana aplikasi selesai uang masuk.

Dan disitulah penghasilan dari App Developer. Artikel ini saya ambil dari seorang youtuber Dedy Dahlan atau anda bisa langsung melihat vidionya diatas.

Blog Ini Dibuat Atas Ketertarikan dan Minat Kami Dengan Website dan Juga Sebagai Media Sosial Berbagi Info Menarik Serta Hiburan lainnya.


EmoticonEmoticon