Saturday, 2 September 2017

Apa itu Deep Web, Darknet dan Dark Web?

Internet itu sangat luas, sebagian besar masih tidak tersentuh oleh dunia biasa. 
Kita menamai bagian tak tersentuh tersebut dengan nama Deep Web, Darknet, dan Dark Web. 

Darknet adalah jenis jaringan tidak dapat diakses menggunakan browser normal. 
Deep Web - yang masih termasuk sebagai subset dari Dak Web- adalah bagian dari world wide web tidak diindeks oleh mesin pencari seperti Google, Bing, DuckDuckGo.

Untuk sebagian besar dari kita, web terbatas pada sepuluh dua puluh atau mungkin tigapuluh website. Sebagian besar dari website yang kita kenal tersebut berasal dari situs dan layanan Google. pada kenyataannya, internet itu sangat besar dan sekitar satu milyar website ada di server di seluruh dunia.

Bahkan dengan jumlah miliaran website tersebut, web masih tidak lengkap. Banyak yang percaya World Wide Web  yang kita lihat hanyalah puncak dari gunung es. 
Dua istilah Darknet dan Deep Web, dalam arti, membenarkan kehadiran web tersembunyi ini sekitar yang kebanyakan orang tidak menyadari. Dan orang-orang yang tahu tentang darknet sering bingung dengan Deep Web. Padahal, keduanya benar-benar terpisah.

Apa itu Deep Web, Darknet dan Dark Web?


Apakah Deep Web Itu?


Selama berabad-abad, ketika teknologi menjadi canggih, manusia membangun mesin yang mampu menyelam ke kedalaman lautan. Itulah cara kita mampu menemukan sisa-sisa Titanic. Mesin pencari melakukan pekerjaan yang sama seperti yang dilakukan oleh kapal selam penjelajah. Mereka menyelam ke internet dan mengambil catatan dari apa pun yang mereka temukan.

Kita mungkin telah menemukan Titanic, tapi ada banyak hal yang masih bisa ditemukan di dasar laut. Sama halnya seperti mesin pencari, mereka belum mengidentifikasi semua bagian dari World Wide Web, dan ini yang kita sebut Deep Web.

Misalnya, mesin pencari tidak akan dapat mengakses server dan hosting website data tentang beberapa misi alien yang dipimpin secara rahasia oleh pemerintah. 

Tapi Deep Web tidak semisterius kedengarannya. Sebuah jaringan pribadi, yang ditandai sebagai Deep Web, bisa jadi ada tepat di sebelah rumah anda. Itu hanya internet yang tidak terjangkau mesin pencari standar. Misalnya, jaringan tersebut dikelola oleh layanan streaming berbayar. Ini adalah type Deep Web atau Web tersembunyi. Jelasnya, mesin pencari tidak akan memilih untuk membayar bulanan hanya untuk mengindeks katalog website tersebut.

Apakah DarkNet Itu?


Bertentangan dengan Deep Web, Darknet lebih dikenal banyak orang. Ini adalah jaringan terenkripsi yang dibangun di atas internet yang ada, dan memerlukan perangkat lunak atau alat khusus untuk mengakses Darknet tersebut. Hal ini dimungkinkan karena protokol konvensional yang digunakan di internet mungkin tidak bekerja pada Darknet.

Darknet memberikan anonimitas kepada pengguna. Salah satu darknet tersebut adalah Tor atau The Onion Router. Anda membutuhkan browser Tor untuk masuk ke jaringan Tor.

Tor dapat digunakan untuk mengunjungi situs internet sehari-hari, serta juga dapat digunakan mengunjungi banyak sekali website tersembunyi dan layanan yang tidak bisa diakses di internet biasa. Tor mempunyai kemampuan yang dikenal sebagai Tor Hidden Service Protocol. Dan situs dibatasi ke jaringan Tor memiliki alamat khusus berakhiran .onion. Karena ini, Tor Darknet juga biasa dikenal sebagai onionland.

Jaringan friend-to-friend (F2F) adalah jenis lain dari Darknet. Dalam kasus ini, dua orang yang akrab berkomunikasi satu sama lain secara langsung melalui internet. Mereka mungkin ingin berbagi beberapa file yang melalui koneksi P2P. jaringan tersebut, tidak dapat diakses oleh orang lain, bisa dienkripsi atau dilindungi password. Jadi, hanya orang-orang yang bersangkutan memiliki akses.

Apakah Dark Web Itu?


Ada hal lain yang perlu disadari, Dark Web. Kita dapat mengartikan Dark Web sebagai bagian dari Deep Web. Kita perlu memahami perbedaan antara Deep Web dan Darknet, dan fakta bahwa internet dan WWW (World Wide Web) bukanlah hal yang sama.

Darknet adalah jaringan, dan Deep Web merupakan potongan dari World Wide Web yang berada di luar jangkauan mesin pencari. Jadi, kita dapat menguraikan Dark Web seperti World Wide Web dari darknets seperti Tor, Freenet, dll 
Artinya, layanan dan situs web yang berjalan pada darknet adalah Dark Web.

Blog Ini Dibuat Atas Ketertarikan dan Minat Kami Dengan Website dan Juga Sebagai Media Sosial Berbagi Info Menarik Serta Hiburan lainnya.


EmoticonEmoticon